[ARTIKEL] 171005 STARCAST: Album Interview ‘GOT7’s Number 7, for 7’

Video
(Turn on CC indo sub by @G7IDSubs)

Selama 4 tahun semenjak debut, GOT7 tidak pernah bermalas-malasan dan tidak pernah merasa terbebas. Terlihat dari dedikasi dalam setiap penampilan di atas panggung, mereka sangat mencintai musik dan tari. Jantung mereka berdegup dengan semangat setiap kali merilis album baru dan untuk kali ini, semangat tersebut terasa sangat spesial. Album kali ini berisi dengan emosi dan kata hati mereka, juga merupakan album yang telah ditunggu-tunggu oleh setiap member. Mereka kelelahan dengan latihan yang tiada henti, tapi karena akan memulai menuangkan kisah mereka dalam album, studio latihan menjadi terisi dengan gelak tawa dan terlihat pandangan mata mereka berbinar-binar. Ini adalah wawancara tentang album baru GOT7, yaitu <7 For 7>.

Judul album baru kalian adalah <7 For 7> dan juga ini merupakan mini album kalian yang ke-7. Terlihatnya seperti kalian menekankan penggunaan angka ‘7’. Adakah makna tertentu dibalik semuanya?

YG:  Kami kembali setelah 7 bulan dengan mini album ke-7 yang semuanya di buat oleh 7 member. Dan juga, nama grup kami adalah GOT7. Itu saja maknanya!
MK: Dan dalam albumnya terdapat 7 lagu.
BB:  Dan, tahun berapakah sekarang ini?
YG: 2017! Tahun ini memang diperuntukan untuk 7!
BB:  Aku dan Yugyeom lahir di tahun 1997!
JB:  Betul, dengan begitu, kami punya 7 alasan. Makna yang kami ingin sampaikan adalah, 7 pria ini bergabung dalam satu hati dan akan memberikan yang terbaik.

Album ini adalah yang pertama setelah trilogi Flight Log. Bisakah kalian beritahukan apa yang membuat album ini berbeda? Dan apa alasan dari perubahan yang terjadi?

JB:   Musik yang lebih matang!
YG:  Ini adalah pertama kalinya JB membuat title track. Member lain juga berpartisipasi dalam pembuatan album.
BB:  Dan satu lagi hal spesial dalam album ini adalah akhirnya Jinyoung mewarnai rambutnya.
YJ:  Tidak hanya dalam musik saja, para member juga semakin dewasa.

Kapankah kalian mulai mengerjakan album ini dan berapa lama waktu yang diperlukan?

JY:   Aku berpartisipasi dalam pembuatan lagu <Firework>. Sebenarnya, lagu ini di buat untuk JJ Project, tapi banyak orang berpendapat lagu ini lebih cocok untuk GOT7. Lagu ini diselesaikan sudah cukup lama. Kami selesai di bulan April dan terus disempurnakan hingga saat ini.
JB:  Sama halnya dengan lagu <Teenager>. Aku sering sekali mendengarkan lagu ini saat mempersiapkan album JJ Project, Poin utama lagu ini adalah harmonisasi pada chorus dan rap!
BB:  Aku berpartisipasi dalam lagu <Remember You> dan lagu itu juga sudah selesai cukup lama! Aku berusaha untuk memasukkan lagu itu pada album GOT7 yang terakhir tapi sayangnya tidak berhasil. Aku kerjakan di bulan November tahun lalu dan akhirnya selesai juga.
MK: Aku berpartisipasi dalam pembuatan rap dari lagu <Face>. Aku ingin berpartisipasi lebih banyak kedepannya.
YG: Lagu <To Me> yang aku buat, mengekspresikan perasaan kesepian dan kepenatan. Cerita yang ingin disampaikan, “Kita memang putus karena kesalahan dirimu, tapi aku masih mencintaimu hingga kini.” Beat dari lagunya terdengar seperti mimpi dan sedikit jenaka.
YJ:  Aku berpartisipasi dalam lagu <Moon U> dan sebenarnya, aku membuat lagu tersebut dengan niatan ingin mengunggahnya di akun SoundCloud. Jackson menuliskan liriknya dan semuanya dalam bahasa Inggris. Agensi kami merekomendasikan lagu tersebut untuk diikutsertakan dalam album ini. Tapi, karena tidak memungkinkan untuk semua liriknya menggunakan bahasa Inggris, kami rubah sebagian. Aku tidak memiliki pilihan lain. Maafkan aku, Jackson! Tapi, judulnya memang sedikit agak puitis.
JS:   Karena, Chuseok semakin dekat.
YJ:  Bukan, karena, “Ada bulan yang sepertimu, wajahmu juga memancarkan sinar yang sama. Karenanya, saat melihat bulan, aku juga memikirkanmu.” Itu arti sebenarnya.

Kalian semua terlihat memiliki semangat dalam bermusik. Kalian terus menerus berpartisipasi dalam pembuatan album-album terbaru. Apakah semua ini memang keinginan kalian, atau karena itu memang tugas kalian (dari agensi)?

JB:   Aku rasa tiap member  memiliki alasan yang berbeda. Aku mulai berpartisipasi dengan sendirinya karena terbiasa menciptakan laguku sendiri dari waktu ke waktu.
YJ:  Aku juga. Selain  itu, aku selalu mengutarakan pendapatku.
JY:  Aku terbiasa melakukannya dengan mengikuti naluriku. Aku terbiasa bekerja dengan pemikiran bahwa setidaknya satu laguku harus berada dalam album.
JS:   Aku membuat lagu <Out> pada album terakhir kami. Sejujurnya, aku berusaha membuat lagu tersebut sebagai title track karena album itu merupakan album terakhir di trilogi Flight Log! Seakan berkata, “Ayo ‘out’/keluar dari pesawat ini!”

Lagu <You Are> diciptakan oleh JB. Ini adalah kali pertama title track dibuat oleh salah satu dari para member. Adakah cerita dibaliknya?

JB:   Sebenarnya, aku tidak menyangka lagu ini akan menjadi title track.
YG:  Aku lebih suka lagu <Teenager>.
MK: Tapi, aku lebih suka lagu ini. Lagu ini lebih sesuai. <You Are> lebih sesuai.
JY:   JB bisa saja menyangkal fakta ini, tapi dia sangat mahir membuat musik dengan melodi yang menyegarkan. Lagu <Home Run>, <Skyway>, <Icarus>, dan <Find You> memberikan atmosfer yang terkesan fresh.
YJ:   Aku memintanya untuk menurunkan 1 oktaf! Nada lagunya terlalu tinggi.. Masih bisa ditoleransi jika dinyanyikan secara langsung tanpa melakukan apa-apa, jadi awalnya aku berpikir aku bisa menyanyikannya jika aku hanya melakukan gerakan kecil di bagian itu. Tapi kemudian, koreografi tarian berubah menjadi lebih sulit!
JS:   Tarian lagu ini lebih sulit dari lagu <Hard Carry>.
YJ:   Betul sekali! Kami kehabisan energi untuk bernyanyi. Nada lagunya tinggi dan tariannya juga sangat rumit.
JY:  Judul lagunya bukan <You Are> kan pada awalnya?
JB:  Judul awalnya adalah <Beautiful Sky>, tapi kemudian diganti agar sesuai dengan liriknya.

Kalian pernah bekerja dengan produser musik terkenal, seperti JYP PD, Black Eyed Pilseung, dan Earattack, tapi kalian memutuskan untuk menjadikan lagu JB sebagai title track. Musik seperti apa yang sesuai untuk GOT7?

YJ:   Bukankah itu hal yang natural untuk dilakukan?
YG:  Menurutku, musik JB lebih sesuai untuk kami!! Karena, dia lebih mengenal kami dan dia bagian dari kami.
JB:  Menurutku, lagu <If You Do> lebih sesuai untuk kami. Tapi, kami berkecenderungan untuk menciptakan jenis musik yang ceria dan berenergi,
MK: Kali ini, aku setuju denganYugyeom. Lagu <You Are> lebih sesuai untuk kami.

Semua member berpartisipasi dalam pembuatan ketujuh lagu. Ada yang bisa berkomentar tentang hal ini?
JY:   Tidak ada bagian rap di lagu <Firework>, jadi semua rapper juga menyanyi. Aku sempat terkejut mendengar Mark, Jackson, dan BamBam bernyanyi. Mereka adalah vokalis baru kami! Aku sangat suka dengan suara mereka. Mereka punya warna suara yang unik dan enak didengar.
JB:  Kalian akan paham setelah mendengarkan lagu <Remember You>, karena pada lagu tersebut aku menyanyi dengan gaya yang berbeda dengan biasanya. Ternyata itu sangat sulit. Hampir seperti bukan aku yang menyanyikannya. Bagian chorus pada lagu <You Are> bernada tinggi, aku dan Youngjae mengalami kesulitan.
JY:  Ketika aku akan merekam bagianku untuk lagu <Teenager>, tiba-tiba saja mereka menyuruhku untuk nge-rap. Aku sangat terkejut.
JB:  Tidak sepenuhnya rap, tapi rap yang memiliki melodi. Tapi, ketika aku coba untuk bagian itu dinyanyikan saja seperti biasa, lagu itu jadi terdengar tidak begitu istimewa. Oleh karenanya, aku bersikeras untuk menjadikan bagian itu sebagai rap saja.

Seberapa puaskah kalian atas album ini? Adakah kekurangan pada bagian tertentu?

MK: Karena judul albumnya <7 For 7>, aku akan berikan skor 7 dari 7. Tidak ada kekurangan apapun menurutku.
BB:  Aku menitikberatkan pada video musik, tapi karena waktu itu belum rampung, jadi aku belum menontonnya. Sampai saat ini, aku masih menyukai semuanya.
YG: Aku merasa sangat senang karena semua member berpartisipasi dalam pembuatan album dan juga sangat senang karena setelah sekian lama akhirnya grup kami lengkap lagi.
JB:  Menurutku, video musiknya sangat luar biasa dan kami benar-benar banyak merubah koreografinya. Jadi, aku sangat merasa puas. Masalahnya, kami bisa saja memasukkan lebih banyak cerita dalam album ini sembari mempersiapkannya, tetapi khawatir akan terasa tidak pas. Aku berharap kami bisa melakukan yang lebih baik lagi kedepannya.

Lagu apa yang ingin kalian rekomendasikan di album <7 For 7> ini?

JB:   Lagu <Moon U>. Aku suka bagian verse-nya.
JS:   Aku juga. Karena, bertepatan dengan Chuseok.
JY:  Kalau untukku, lagu <Remember You>. Jenis lagu yang bisa didengarkan sehari-hari.
BB:  Lagu <Teenager>.
MK: Lagu <You Are>. Sudah sempurna sekali.
YG: Aku juga merekomendasikan lagu <You Are>.

Untuk JB. Lirik dari lagu <You Are> sangat mengesankan. Emosi seperti apa yang ingin kamu ekspresikan dan pada bagian mana kamu menaruh fokus lebih?

JB:   Ketika menulis lirik, aku baru saja menonton film berjudul <Your Name Is>.
YG:  Filmnya sangat bagus!
JB:   Aku tidak terinspirasi oleh ceritanya, film itu sinematografinya sangat luar biasa. Langit tampak begitu luas. Dan, pada film itu ada tiga orang yang memandang ke arah langit. Aku suka gambaran tersebut. ‘Kamu’ pada lagu ini bisa merujuk kepada orang spesial di dalam hidup. Keluarga, orang tua, member, dan juga para fans kami. Aku ingin mengekspresikan seberapa besar apresiasiku terhadap mereka.

Untuk Youngjae & Yugyeom. Selain dari lagu dalam album ini, kalian juga merilis lagu ciptaan kalian sendiri melalui SoundCloud. Apa yang membedakannya?

YG:  Aku lebih fokus pada melodi untuk lagu yang bermaksud diikutsertakan dalam album GOT7. Untuk lagu di SoundCloud, aku hilangkan bagian melodinya. Jadi, aku sangat tidak menyangka ketika <To Me> dicalonkan menjadi title track. Lagu ini terdengar sedikit kelam.
YJ:  Kalau aku, sangat berkebalikan. Seperti siang dan malam. SoundCloud itu malam, album GOT7 itu siang.

Untuk Jinyoung & Mark. Mark menjadi pembuka bagian vokal di lagu <Firework>. Bagaimana ceritanya sampai kamu bisa menyanyikan bagian ini? Jinyoung, apa kamu puas dengan suara Mark?

JY:   Setiap kali aku dengarkan narasi Mark, aku selalu berpikir Mark akan terdengar sangat bagus ketika bernyanyi dan memang benar, dia bernyanyi dengan sangat bagus.
YJ:  Kalau begitu, mulai sekarang Mark harus menyanyikan bagian chorus!
MK: Aku merasa puas. Tetapi, bagianku sedikit pendek.
JY:  Tidak, semua bagian member pada lagu <Firework> memang pendek. Hanya 5 sampai 10 detik untuk setiap orang. Dan sisanya adalah chorus.

Untuk BamBam. Ini adalah kali pertamamu menulis lirik dan membuat lagu <Remember You>. Adakah kesulitan yang dialami ketika menulis lirik lagu dalam bahasa Korea?

BB:  Aku tidak suka membuat orang lain memiliki kesan bahwa aku berasal dari luar Korea. Aku ingin menulis lagu yang membuat orang berkata, “Dia bagus. Dia juga pandai berbahasa Korea.” Memang sedikit sulit, tapi Yugyeom membantuku.
JB:  Aku benar-benar sangat menyukai lagunya.

Untuk Yugyeom. Saya dengar kamu membantu dalam pembuatan koreografi untuk lagu <You Are> ini. Bagian mana yang kamu kerjakan dan apa yang ingin kamu ekspresikan didalamnya?

YG:  Aku membuat bagian awal pada lirik “It’s a beautiful sky~”. Berkebalikan dengan liriknya, aku mencoba untuk mengekspresikannya dengan lebih mewah.

Kalian melakukan pemotretan untuk album di LA, sedangkan untuk video musik di Hongkong. Adakah alasan dari produksi yang bersifat global ini?

YG:  Hongkong punya atmosfer yang unik. Aura Asia dan Barat pada tempat yang sama.
JS:   Banyak sekali tempat yang baru pertama kali aku kunjungi. Ada juga tempat yang masih alami dan natural.
JB:  Pada tempat-tempat ini, kami bisa menunjukkan sisi berlawanan dari diri kami.
YJ:   Kami melakukan pemotretan untuk album di LA dan juga sekalian pergi mengunjungi rumah Mark.
MK: Betul sekali, itu mengapa aku sangat suka sekali dengan foto pada album ini.

Sebuah liontin kalung yang dibagi ke dalam 7 bagian muncul pada video musik. Konsep ini diambil dari kalung yang sebenarnya memang kalian miliki. Apakah cerita dibaliknya?

BB:  Kami sedang berkumpul di ruang tengah dan memutuskan untuk membuatnya.
YJ:   Mark tiba-tiba mengumpulkan kami semua dan berkata, “Hei! Hei! Sini semua, GOT7! Tidakkah kalian berpikir kalung ini sangat sesuai untuk kita?”
JB:  Dia benar-benar memanggil kami secara mendadak dan bertanya, “Apa kalian mau bikin kalung?” Jadi, aku katakan padanya, aku tidak butuh kalung untuk sekarang ini. Tapi, kemudian dia berkata, “Bukan hanya kalung untuk kamu sendiri, tapi kalung kita bersama!”
MK: Aku melihat selebriti di luar negeri dan mereka punya kalung yang sama untuk satu tim. Aku ingin melakukan hal seperti itu juga.
JS:   Tapi Mark, kalau gitu seharusnya kamu yang bikinkan untuk kita semua! Ini malah kita bayar sendiri-sendiri.

Untuk BamBam. Kamu mengunggah video yang berkualitas tinggi di akun sosial mediamu. Kamu juga berpartisipasi dalam pembuatan video lirik. Bagaimana cara kamu mempelajarinya?

BB:  Aku berpendapat bahwa video lebih meninggalkan kesan mendalam dibandingkan hanya gambar. Video juga membuatku teringat akan perasaan yang aku alami pada saat itu. Aku pernah merekam video di Australia dan belajar bagaimana cara mengedit video dari YouTube.
JB:   Bagus sekali BamBam memutuskan untuk mempelajarinya. Sekarang, dia punya sesuatu yang bisa dia banggakan.
YG: Senang melihatnya sangat bergairah akan suatu hal.

Untuk Youngjae. Kamu pergi ke Amerika sendirian untuk latihan vokal sembari mempersiapkan album ini. Kenapa memilih Amerika? Apa yang kamu latih di sana?

JB:   Bukankah kamu pergi makan ke Chipotle?
YJ:   Meskipun sangat singkat, aku berpikir bahwa aku akan membuat perubahan signifikan dalam hidupku jika aku pergi berlatih vokal di Amerika. Aku benar-benar pergi kesana sendirian.
JS:   Kamu melakukan siaran langsung V-Live di sana. Aku menontonnya.
YJ:   Yang paling berkesan adalah ketika aku pergi ke pertunjukkan musik live di sana. Banyak sekali orang dari berbagai negara. Mereka bernyanyi dan memainkan berbagai lagu yang diminta para penonton. Mereka semua terlihat santai dan bebas. Sangat menyenangkan kala itu.

Untuk Jackson. Kamu merilis album solo di Cina dan juga menempati peringkat satu. Bagaimana perasaanmu?

BB:  Kami benar-benar bangga akan dirinya. Bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan.
JS:   Aku menyukainya. Ini baru permulaan.

Untuk JB. Kamu bilang pada kami di wawancara terakhir bahwa kamu merasa membutuhkan akun sosial media untuk berkomunikasi dengan para fans dan kemudian, kamu benar-benar membuat akun tersebut ketika promosi album ini dimulai. Akankah kami menyaksikan kamu berkomunikasi aktif dengan para fans kedepannya?

MK: Ada satu hal yang ingin kukatakan! Dia berusaha untuk menutup akunnya! Jadi, para fans tersayang, bantu kami untuk menghentikan dia!
JB:  Aku tidak percaya diri akan hal ini, karena aku merasa tidak begitu pandai menggunakannya. Jadi, aku bilang pada mereka bahwa aku akan menutup akunku setelah 3 minggu. Setengah bercanda dan setangah serius. Aku membuat akunku untuk menunjukkan pada para fans bagaimana kabarku saat ini, maka dari itu, aku akan berusaha sebaik mungkin untuk menunjukkannya!

Untuk Jinyoung. Kamu pernah memberitahu kami bahwa aktivitasmu sebagai JJ Project akan sangat membantu GOT7. Sekarang, aktivitasmu sebagai JJP sudah berakhir dan akan memulai aktivitas sebagai GOT7 lagi, apa resolusi dan harapanmu?

JY:   Aku akan sampaikan bahwa ini adalah titik dimana semua member menunjukkan semangat mereka. Mereka menjadi lebih serius dalam bermusik dan juga aktivitas lainnya. Menurutku, aktivitas JJ Project sedikit banyak membantu GOT7.

Untuk Mark. Kamu melakukan banyak pemotretan individual. Konsep manakah yang paling kamu sukai?

JB:   Sepertinya aku tahu apa jawaban Mark. Jawabannya, “Pemotretan untuk <You Are>. Itu yang terbaik!”
MK: Semuanya memiliki konsep yang berbeda-beda, jadi aku menyukai semuanya. Tapi, jika aku harus memilih hanya satu, aku suka konsep dimana aku dipotret bersama dengan anjing! Sangat mengasyikkan dan merupakan sebuah pengalaman baru bagiku.

Ini adalah aktivitas kalian sebagai sebuah tim yang komplit setelah 5 tahun ini. Terasa seakan momen ini adalah pembuka dari babak 2 kalian sebagai GOT7. Apa resolusi dan cita-cita kalian?

JB:   Aku tidak tahu bagaimana pendapat orang-orang karena lagu baru kami belum dirilis. Tapi, aku berharap <You Are> bisa menjadi permulaan ketika GOT7 pada akhirnya menemukan warna unik kami sendiri. Tidak ada warna spesifik yang bisa kami katakan sebagai warna dari GOT7. Cita-citaku bukan untuk meraih peringkat tinggi, aku lebih berharap agar para fans bisa merasakan seberapa besar rasa terima kasih kami pada mereka.

Apa yang ingin kalian sampaikan untuk para fans yang telah menunggu selama 7 bulan?

YG:  Bagaimana kalau kita sampaikan satu kalimat masing-masing orang?
YJ:  Mari sertakan angka 7 dalam kalimat! Mulai!
MK: 7 adalah angka yang penting!
JB:  Angka 7 menjadi sempurna karena kalian.
YJ:  Mari lakukan yang terbaik selama 700 tahun! Kami akan menjadi GOT7 sampai kami mati.
YG: Selamanya dan sampai mati, kami ber-7 akan terus bersama dan berada di sisi IGOT7.
JS:   Kata ‘sukses’? Kami akan gapai dengan bola kami yang bertuliskan angka 7.
BB:  Kami akan tunjukkan pada kalian apa yang kami bangun selama kalian menunggu 7 bulan itu. Kami akan membuat sebuah homerun.
JY:   Tolong berikan cinta untuk mini album ke-7 kami di tahun 2017 ini, <7 For 7>.

    

  

      

Perjalanan mereka di angkasa telah selesai dan untuk kali ini, mereka lebih merasa bersemangat dibandingkan cemas. Mereka memang tidak bisa diapresiasi oleh semua orang di bumi, tapi kami yakin jika orang-orang tersebut berusaha mengenal mereka, orang-orang tersebut pada akhirnya akan mengapresiasi mereka juga. Gairah mereka dalam bermusik dan tampil di atas panggung. Saya berharap hati tulus mereka bisa dirasakan oleh orang-orang yang mendengarkan album <7 For 7> dan berharap keberuntungan angka 7 akan menyertai mereka.

KR – EN oleh Naver Starcast
EN – ID oleh GOT7Indonesia (Niya@G7IDSUBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.