[ARTIKEL] Majalah GRAZIA Edisi Agustus 2017 ‘Feel the Mark’

Kamu syuting sendiri pada pemotretan kali ini. Bagaimana perbedaannya dengan syuting bersama member lain?

Aku kebingungan saat melakukan pemotretan sendiri. Aku berganti pakaian, ambil gambar, lalu ganti baju lagi. Tapi, kalau dengan member lain, Aku punya waktu untuk istirahat. Kami melakukan pengambilan gambar secara grup, kemudian secara individu dan itu bagus. Tapi di sisi lain, aku pikir melakukannya sendirian juga oke.

Tapi kemudian, kamu bisa selesai lebih cepat: itu termasuk keuntungan kan?

Ini adalah kesempatan bagus untukku agar bisa sedikit lebih menonjol, bukan? Ini menyenangkan. Itulah kenapa aku suka keduanya, baik syuting dengan member GOT7 maupun sendirian.

Apa yang biasanya kamu lakukan saat kamu sedang tidak ada schedule (aktivitas)?

Aku nonton TV di rumah dan makan (tertawa).

Kamu tidak pergi keluar untuk main?

Walaupun kadang-kadang aku pergi untuk nonton film, tapi aku hampir selalu di rumah.

Kalau begitu…apakah kamu idol-yang-tinggal-di-rumah? (tertawa)

Bahkan ketika aku di Amerika, daripada keluar, aku pikir aku lebih memilih memanggil teman-temanku untuk datang ke rumah.

Lalu ketika kamu di rumah, momen apa yang paling membahagiakan untukmu?

Sejujurnya kalau di rumah sepi, aku merasa bosan. Tapi kemudian merasa nyaman, jadi aku pikir waktuku diam di rumah bertambah lebih lama. Bahkan dalam sehari-hari, aku tidak menyukai tempat-tempat ramai.

Sulit dipercaya (tipe)orang seperti ini bisa berdiri dan menguasai atmosfer di panggung.

Ketika aku di sekolah, aku bahkan tidak bisa melakukan presentasi di depan teman-teman. Tapi sekarang aku menyanyi dan menari di depan ribuan, puluhan ribu orang. Tapi rasanya cukup berbeda. Aku merasa lebih nyaman berdiri di depan orang yang sangat banyak, dibandingkan hanya beberapa.

Kamu adalah idol-yang-tinggal-di-rumah yang menginjak tahun ke-4 sejak debut. Sekarang kamu bisa disebut veteran. Bagaimana rasanya berdiri di panggung akhir-akhir ini?

Karena ini adalah tempat bertemu dengan para fans, hatiku rasanya benar benar berdebar. Hal ini belum berubah hingga sekarang. Saat pertama kali debut, aku sangat berdebar sekaligus gugup, tapi sekarang tidak terlalu merasa gugup. Sebaliknya, keinginanku untuk bersenang-senang saat tampil menjadi lebih besar.

Apa yang kamu pikirkan sebelum naik ke atas panggung?

Kalau semua member sedang dalam kondisi bagus, kami akan begini ‘Ayo kita bersenang-senang juga hari ini!’ Kalau satu orang di antara kami bertujuh dalam kondisi tidak baik, itu mempengaruhi kami semua, jadi kami semua akan berkata ‘ayo kita lakukan ini’ di belakang panggung, dan ini memberi kami kekuatan.

Sebagai Mark GOT7, kapan momen yang paling berkesan bagimu?

Ah…ada banyak

Kalau begitu sebutkan 3 saja!

Ketika kami mendapat peringkat 1 pertama kali dan tur pertama kami. Terakhir…

Bagaimana dengan momen yang lebih personal?

Variety show pertamaku! Aku pergi ke hutan baru-baru ini.

Itu adalah program yang sangat terkenal bagi pemula dalam variety show. Saya dengar kamulah yang beradaptasi dengan Korea paling cepat di antara member asing (foreign member) GOT7. Apa yang kamu suka setelah datang ke Korea?

Sejak kecil, aku berpikir tentang meninggalkan rumah hidup jauh dari keluargaku dan memiliki tempat untukku sendiri. Itulah kenapa aku sangat senang ketika datang ke Korea. Tapi, sekarang aku juga merindukan keluargaku, dan ada beberapa kejadian dimana aku tidak bisa melihat mereka. Bagian seperti ini agak disayangkan.

Lalu hal apa yang masih sulit bagimu dalam kehidupan di Korea?

Bagaimanapun juga menggunakan bahasa Korea.

Saya terkejut dengan kemampuan bahasa Koreamu, jauh lebih baik dari yang saya duga.

Sekitar 4 tahun setelah aku datang ke Korea, aku banyak menggunakan bahasa Inggris. Kadang aku juga mencampurnya dengan beberapa bahasa Korea. Tapi setelah debut, label melarangku menggunakan bahasa Inggris. Mereka memintaku untuk menggunakan bahasa Korea saja.

Karena itulah cara meningkatkan kemampuan bahasa Korea menjadi lebih baik.

Itulah mengapa aku lebih berusaha lagi. Ketika melakukan siaran (broadcast), aku tidak berbicara. Aku takut membuat kesalahan pada tatabahasa atau semacamnya.

Jadi itu alasan kamu tidak banyak bicara.

Dulu, bahkan ketika aku berbicara dengan Bambam, Jackson, kalau mereka melakukan kesalahan aku langsung berpikir,  ‘Ah, bagaimana kalau aku membuat kesalahan juga”. Itulah mengapa aku tidak bicara, tapi mereka berdua sama sekali tidak peduli akan hal itu dan banyak berbicara. Karena itu, kemampuan bahasa Korea mereka meningkat pesat. Jadi sekarang aku juga menggunakan bahasa Korea secara aktif. Kalau ada kata yang aku tak tahu, aku akan bertanya pada member Korea dan aku selalu belajar.

GOT7 adalah grup yang ahli dalam menulis lirik dan menciptakan musik sendiri. Apakah gaya musik yang dituju setiap member berbeda?

Bukankah itu lebih baik jika setiap member memiliki gayanya sendiri yang berbeda? Dengan begitu, bisa membuat album yang terdiri dari berbagai macam lagu. Aku pikir akan lebih menyenangkan untuk mendengarkan(jenis album seperti itu).

Lalu gaya musik seperti apa yang diminati seorang Mark?

Trennya terus berubah setiap saat, tapi sejujurnya daripada Noise Music, aku lebih suka jenis musik yang nyaman untuk didengarkan. Aku pikir itu sebabnya kebanyakan musik yang aku kerjakan adalah musik dengan gaya yang lembut. Walaupun begitu, saat mempersiapkan sesuatu untuk ditampilkan, aku memilih lagu-lagu upbeat.

Kapan kamu mendapatkan inspirasi musik?

Bagiku, daripada pengalaman, aku lebih banyak menulis lagu berdasarkan imajinasi. Karena itu aku butuh waktu lebih lama untuk mengerjakannya. Yugyeom benar-benar cepat mengeluarkan ide, sedangkan aku, hanya untuk menulis satu baris lirik, aku perlu merenungkannya terlebih dahulu.

Bisakah kamu merekomendasikan lagu yang bagus didengarkan saat musim panas?

Album JJ Project akan segera rilis. Aku pikir lagu itu akan sempurna (tertawa). Secara pribadi, ini adalah gaya yang aku suka.

Apa yang sedang Mark gemari akhir-akhir ini?

Membeli baju (tertawa).

Tidak heran kamu memiliki gaya yang bagus. Ketika kamu pergi berbelanja, tipe seperti apakah kamu?

Aku tipe yang membeli sesuatu jika benar-benar menarik perhatianku. Aku rasa aku akan memikirkannya selama hampir seminggu. ‘Kalau aku beli ini, apakah akan sering aku pakai? Pakaian apa yang pas/cocok dengan ini?’ dll. Aku khawatir dengan hal-hal semacam ini, dan kemudian aku juga bisa seperti ini “Ah, haruskah aku tidak usah membelinya?”

(Barang) apa yang baru saja kamu beli?

Sneaker Jordan.

Berapa lama kamu memikirkannya sebelum membeli?

Kurasa aku sudah memikirkannya sejak lama. Aku berpikir ‘Tidak lama lagi ada syuting aku bisa menggunakannya saat itu,  aku juga bisa menggunakannya saat pergi ke bandara, dan saat berlatih, ini bagus.’ Aku membuat keputusan dan membelinya. Hahaha.

Suatu hari, jika kamu diberi kesempatan, hal apa yang ingin kamu coba untuk dirimu sendiri?

Hm, aku mulai tertarik untuk berakting. Dan aku juga ingin mencoba memeluncurkan fashion brand dengan namaku. Aku punya keinginan untuk mendesain dan membuat sesuatu untukku sendiri.

Kamu sekarang ada di pertengahan usia 20an. Apa yang kamu inginkan di sisa umur 20-anmu?

Aku adalah orang yang selalu merencanakan sesuatu tapi aku bukan tipe yang akan bekerja untuk mewujudkan atau mencapainya. Aku adalah tipe yang hanya akan melakukan apa yang benar-benar harus aku lakukan, seperti PR sekolah. Tapi, untuk sisa umur 20-an, aku ingin bekerja keras untuk mewujudkan rencana yang sudah kubuat.

Bisakah kamu memberitahu kami apa rencana itu?

Itu rahasia (tertawa).

Tidak bisakah kamu memberi sedikit petunjuk?

Tidak baik kalau aku tidak bisa mengikuti apa yang aku katakan, bukan? Pertama, terus perhatikan aku.

Image seperti apa yang akan kita temui darimu selanjutnya?

JJ Project akan comeback pada awal bulan Agustus, jadi tolong nantikan mereka. Setelah itu kami akan kembali sebagai GOT7.

Selera Mark

Siang VS Malam

Malam! Sangat sulit untuk bangun di pagi hari (tertawa)

Musim panas VS musim dingin

Ketika aku berada di Amerika, (aku suka) musim dingin tapi di Korea, aku lebih suka musim panas

Americano VS Caffe Latte

Americano

Kimchi Sawi putih VS Kimchi lobak

Aku suka mengunyah kimchi lobak yang di potong dadu

Menulis lirik VS Membuat lagu

Menulis lirik

Film horor VS Fiksi Ilmiah

film horor! Aku menikmati <GET OUT> baru-baru ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *