[INTERVIEW] 170119 ‘MAN OF STYLE’ InStyle Magazine Edisi Februari 2017 – Jackson

Jackson yang menguasai 4 bahasa yaitu: Mandarin, Cantonese, English, dan Korea mengatakan bahwa akhir-akhir ini dia sering bermimpi hal-hal yang tak biasa dengan campuran 4 bahasa tersebut. “Kepalaku pusing sekali dan sekarang aku jadi sulit untuk mengingat kosa kata baru,” tambahnya. Ini sudah memasuki tahun ke-6 untuknya hidup sebagai warga asing di Korea. Sampai kehidupannya sebagai trainee, sebelumnya dia telah melewati perubahan besar dalam hidupnya yang bisa jadi tak bisa kalian bayangkan. Dia berhenti dari kegiatannya sebagai atlet anggar yang dilakukannya sejak masih kecil di Hongkong dan mengikuti audisi JYP Entertainment yang pada akhirnya menjadikan dia sebagai salah satu member dari GOT7. GOT7 saat ini sedang naik daun. Tahun lalu mereka merilis album beserta lagu berjudul “FLY” dan “HARD CARRY” yang mulai menunjukkan warna dari GOT7. Jackson yang mulai banyak dikenal melalui variety show, dia memang kerap menunjukkan keceriaan dan energi postifnya. Dukungan dari fans terhadapnya pun juga luar biasa. Jackson yang lebih menyukai mendengarkan lagu-lagu para DJ ketimbang musisi dan jackson seringkali membuat lagu jika dia sedang merasa down. Dia ingin menunjukkan sisi seriusnya pada fans yang berbeda dari imagenya yang kita sering lihat melalu variety show. Di hari pemotretan dia merasa tidak begitu baik. Meski begitu, atas kemauannya tiga-empat jam yang dihabiskan bersamanya untuk pemotretan dan interview pun tetap menjadi momen yang mengesankan.

Q: Kamu mendeskripsikan dirimu sebagai ‘laki-laki sejati’, tetapi melihatmu di lokasi pemotretan hari ini, kami justru melihat sisimu sangat lembut?

A: Aku juga mempunyai sisi itu dalam diriku. Tapi tetap diriku adalah seorang laki-laki sejati. (Tertawa)

Q: Isi instagram-mu pun juga, kau terlihat sangat ramah. Kau membuat orang semakin  penasaran bagaimana sih dirimu yang sebenarnya.

A: Ada banyak fans dari luar negeri, dan aku tahu mereka juga orang-orang sibuk. Aku melihat mereka mentranslate setiap pesan berbahasa korea. Itulah kenapa aku juga memposting dalam bahasa mandarin dan inggris juga.

Q: Di perhelatan MAMA 2016 kemarin, GOT7 memenangkan penghargaan “Worldwide Favourite Artist”. Sepertinya hal itu akan membuat kalian memapankan ulang resolusi kalian?

A: Kita saja belum memulai. Kami sedang berusaha mencapainya. Aku ingin perlahan tapi pasti. Dan kurasa definisi dari kusuksesan adalah ketika kita bisa promosi dalam waktu yang lama.

Q: Kamu telah disibukkan dengan acara-acara siaran. Apakah kamu tidak mengadakan pesta sederhana bersama membermu ketika tahun baru?

A: Tidak, kita hanya punya waktu untuk menyiapkan penampilan di acara akhir tahun, kita bahkan hanya punya waktu untuk tidur selama 1-2 jam. Misalnya, kami menyelesaikan aktivitas pada pukul 11 malam, kami baru sampai dorm pukul 12 malam. Setelah mandi dan bersiap-siap untuk tidur, kita hanya bisa tidur 1-2 jam. Bahkan, manajer pun tidak sempat tidur. Setelah aku memotong gigiku*, semakin banyak aku melihat orang-orang yang bekerja keras. (*ungkapan ketika seseorang sudah lebih dewasa)

Q: Darimana kau tahu ungkapan “memotong gigi”?

A: Entah darimana tapi aku jadi tahu begitu saja ungkapan itu. Sebetulnya aku sedang dalam proses mendewasakan diri. Dulu saat aku benar-benar belum dewasa aku tidak peduli dengan perasaan orang-orang yang bekerja denganku. Karena aku merasa sangat lelah waktu itu jadi aku tidak peka terhadap orang-orang di sekitarku. Tapi sekarang aku menyadari kalau itu salah.

Q: Seperti disana ada kesempatan (realisasi)?

A: Karena aku tinggal di Korea sebagai warga asing. Aku selalu teringat dengan ucapan orang tuaku dulu. Terutama ketika aku masih remaja: “di hidup ini tidak ada yang pasti”, “kau harus tahu bagaimana caranya bersyukur”, “semakin tinggi kau menuju, semakin rendah kau harus menunduk”; seperti itulah. Pada saat itu aku tidak mengerti maksud dari itu apa.

Q: Kami mendengar dulu ketika kamu masih menjadi atlet anggar, kamu sudah piawai menari. Apakah kamu berpikir kamu terlahir dengan sebuah ‘hadiah’ (bakat)?

A: Ketimbang piawai. Aku hanya suka menari. Ketika kamu menyukai sesuatu, kamu akan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Bahkan jika ketika tidak ada orang yang menyuruhmu untuk bersungguh-sungguh, kau akan tetap melakukannya dengan sendirinya. Dan akhirnya keahlianmu jadi meningkat dan kamu jadi pandai.

Q: Ayahmu dulu adalah seorang atlet anggar dan ibumu juga seorang atlet gymnastic. Apakah bakatmu juga merupakan suatu warisan dari mereka?

A: Anggar sangat mempengaruhi hidupku. Anggar itu seperti catur yang bergerak. Kau dinilai dalam waktu yang singat, dan keputusan harus sudah di ambil. Itu juga sebuah permainan pikiran dan sangat membantu hidupku.

Q: Untuk mencapai kesuksesan, kamu harus mencicipi kegagalan. Apakah ketika kamu bermain anggar, kamu pernah mencapai batas limitmu?

A: Aku mulai bermain anggar saat aku berumur 10 tahun dan berhenti ketika aku berumur 17 tahun. Aku juga memiliki rekor yang baik. Dulu ketika aku berada di puncak-puncaknya adalah saat aku menempati posisi ke 11 dunia. Tapi setelah itu, kemampuanku tidak berkembang. Dulu sebelum hal itu terjadi, kemampuanku berkembang dalam waktu yang sangat pesat. 60 orang top di rangking teratas nyaris memiliki kemampuan yang sama. Namun yang mempengaruhi hasil permainan adalah kondisi tubuh dan pikiranmu pada saat itu. Aku masih sangat muda dulu dan aku berada di situasi dimana aku tidak bisa menahannya. Ditambah lagi, atlet-atlet eropa rata-rata memiliki tinggi 180cm dan aku adalah yang terpendek ketika itu. Secara fisik aku sangat tidak diuntungkan.

Q: Bukankah berkat dirimu yang dulunya atlet menjadikan kamu mempunyai energi yang kuat saat ini?

A: Itulah sikap dari seorang atlet. “Tidak ada yang tak mungkin”, “kamu pasti bisa melakukannya”, pikiran-pikiran seperti itu. Kau tidak boleh bilang tidak bisa atau buruk sampai kamu benar-benar melakukannya. Walaupun kau hanya dapat bertahan di tengah-tengah, tapi merekalah yang tahu betapa susahnya hal itu. Dan kami memasang goal yang tinggi. Jika kamu dilatih untuk mendapat skor 80, maka kamu tidak bisa mencetak skor di atas 80. Tapi jika kamu memasang goalmu 200, maka kamu bisa mencetak skor di atas 100.

Q: Untuk GOT7 yang baru memulai, apa goalmu sekarang?

A: Aku menganggap diriku sekarang sedang berjalan di sebuah jalan yang tidak bisa kulihat kemana jalan itu menuju. Jalannya berada di sana dan aku benar-benar melewatinya. Tapi aku tidak bisa melihat akhir dari jalan itu.

Q: Sesuatu yang pernah dikatakan oleh Park Jinyoung PD yang mengesankan untukmu?

A: “Kamu bisa mendapatkannya karena kamu berusaha keras”, “karena kalian berusaha keras, maka kalian akan mendapatkannya”

Q: Kami mendengar bahwa kamu tertarik dalam menyusun dan menulis lirik. Sudah ada beberapa lagumu yang telah dirilis kan?

A: Aku selalu mengerjakan lagu-lagu. Dan aku selalu mendengarkan lagu-lagu yang aku buat. Suatu saat aku ingin menyimpannya ke dalam album dan merilisnya.

Q: Apakah ada artis yang menginspirasimu dalam menulis lagu?

A: Biasanya hip-hop dan R&B, klasik, dll. Aku tidak begitu mempedulikan genre, aku mendengarkan semua jenis musik. Hanya ketimbang musisi aku lebih menyukai DJ.

Q: Dari member GOT7 apakah ada dari mereka yang memiliki pesona atau bakat yang tidak kamu miliki?

A: Um… mereka semua punya. Untuk Yugyeom yang polos sebetulnya dia memiliki jiwa kepemimpinan walaupun dia adalah maknae(yang termuda). Bambam selalu berpikir semuanya positif. Aku selalu terlihat ceria, tapi sejujurnya aku selalu khawatir dalam 24 jam sehari. Untuk Jinyoung, dia adalah seorang aktor yang handal dan dia memiliki ‘keserakahan’ yang baik. Dia mempunyai inisiatif untuk sesuatu yang dia inginkan. Untuk Mark dia memiliki pesona yang penuh misteri. Dia memiliki pesona yang membuat orang-orang berpikir, “aku tidak begitu yakin dengan ini tetapi sepertinya dia seseorang yang banyak berpikir”. Dan untuk JB, dia berperilaku seperti pisau. Jika dia berkata “dari sini ke sana”, itu benar-benar hal yang dia akan lakukan. Untuk Youngjae, dia memiliki pesona yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata! Dia bukan maknae tapi dia memiliki sisi lucu yang membuatnya seperti maknae.

Q: Sisi luar apa yang Jackson perlihatkan?

A: Orang-orang awalnya mengenalku melalui variety show. Aku selalu memilki image yang ceria dan berenergi. Aku telah menunjukan sisi dalam diriku yang sebenar-benarnya. Tetapi, aku tidak juga selalu ceria dalam 24 jam. Aku juga memiliki sisi serius dalam diriku yang sebenarnya ingin ku tunjukkan.

Q: Apa yang akan kamu tunjukkan di fan meeting bulan Februari depan?

A: Hint yang dapat aku berikan adalah ini bukan konser tapi ini sebuah fan meeting dan ini adalah hadiah untuk fans.

Q: Apakah ada episode yang ‘menempel’ padamu dari fanmeeting di Canada, November kemarin?

A: Ada kesempatan untukku melakukan sky diving, tapi karena kondisiku yang tidak begitu baik dan aku tidak bisa melakukannya jadi agak menyesalkan. Aku belum pernah mencoba sky diving sebelumnya.

Q: Melihatmu sebelumnya, kamu tidak mengkonsumsi karbohidrat ya?

A: Karena stamina aku agak lemah, ketimbang makan makanan yang menstimulasi aku lebih memakan makanan yang lembut. Aku juga biasanya mengkonsumsi teh organik, buah-buahan dan sayuran.

Q: Kamu mendapatkan SIM-mu baru-baru ini. Jika kamu membeli mobil, kamu mau mengemudikannya kemana?

A: Um.. aku mau memberikan keluargaku tumpangan…. um… dan aku juga ingin ke Busan, bukan untuk kerja tapi untuk liburan.

Q: Selain musik, hal apa yang kamu sukai?

A: Aku menikmati menonton film komedi. Stephen Chow dan Andy Lau yang seperti pamanku sendiri, aku menonton banyak film mereka.

Q: Apakah kamu mempunyai pikiran untuk berakting juga seperti Jinyoung?

A: Iya, film action seperi Jacky Chan bagus juga. Bagus juga jika aku bisa berakting di tanah kelahiranku benarkan?

Q: Mimpi apa yang ingin kamu wujudkan di masa 20tahunanmu?

A: Aku ingin agar banyak orang mengetahui Jackson. Dan aku ingin membuat mereka bahagia.

3 Favoritnya:

  1. If You Do (2015)

Beatnya sangat bagus. Lagu ini sangat cocok dengan GOT7 dan salah satu yang aku sukai. Aku juga suka dengan style manlynya.

  1. FLY (2016)

Lagu ini adalah lagu yang membuatku akhirnya berpikir ketika kami menemukan hal yang dengan baik kami lakukan. Konsep GOT7!

  1. HARD CARRY (2016)

Ini adalah lagu yang memiliki sentuhan hip hopnya. Ini menunjukkan banyak warna kami. Dan lagu ini mendapatkan banyak cinta.

 

Credits:
InStyle Korea
SCANS by GGOONERR 
KR – ENG by ahgawings.com
ENG – IND by GOT7INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *