[ARTIKEL] 190319 Billboard Interview – JB dan Yugyeom GOT7 Berbicara Tentang Sinestesia, Soundcloud dan Makna dari Sub Unit Jus2

Duo ini menjelaskan perasaan mereka mengenai bagaimana 6 indra mempengaruhi musik dan EP yang belum lama dirilis dan berfokus pada genre R&B “Focus”.

Dari penampilan world tour yang terjual habis hingga menjajal hampir semua genre, GOT7 telah menghabiskan setengah dekade untuk mendapatkan banyak pengalaman musik. Setelah merayakan anniversary grup ke-5 pada Januari lalu, langkah selanjutnya bagi para member adalah untuk mendorong dan menantang batas artistik mereka yang membuat proyek terbaru grup lebih signifikan.

Bagi leader GOT7, JB dan member termuda GOT7, Yugyeom, langkah berikutnya adalah bersatu sebagai duo Jus2 untuk mengeksplorasi musik yang lebih dekat dengan selera mereka dan cocok dengan koneksi indra, warna dan atmosfer duo tersebut. Saat wawancara dengan Billboard di tengah promosi untuk album baru “Focus” — yang baru saja debut di Top 10 World Album Chart — mereka berbicara secara mendalam mengenai aspek yang lebih intens dari promosi musik. Mereka melihat “Focus” sebagai sebuah eksplorasi tentang indra manusia dan terlihat tertarik untuk terus mengeksplorasi lebih banyak lagi aspek dalam industri musik yang memperbolehkan mereka untuk memperdalam cinta multidimensional mereka terhadap musik.

Dari makna akun SoundCloud pribadi mereka (yang memiliki lebih dari 120,000 pengikut per akun) dan perasaan sinestesia yang mereka rasakan saat mendengarkan lagu baru mereka (kalian akan kaget dengan warna musik “Long Black”) mengetuk pikiran JB dan Yugyeom sebagai sub unit Jus2 dengan obrolan mendalam ini.

Selamat untuk debut unit baru kalian, JB dan Yugyeom. Bagaimana perasaan kalian tentang reaksi terhadap Jus2?

JB: Saat kami melakukan promosi dan bertampil di TV kami merasakan dukungan yang panas dari penggemar. Fokus utama kami untuk album ini adalah hanya untuk memperlihatkan album yang solid dan kami merilisnya dengan perasaan puas.

Saya pikir “Focus” memperlihatkan banyak sisi lain dari diri kalian melalui lagu-lagunya, apakah album ini lebih mirip dengan selera musik kalian? Kenapa “Focus On Me” adalah lagu yang sempurna untuk menjadi sebuah lagu debut?

Yugyeom: Dibandingkan dengan lagu GOT7, iya itu benar. Ini seperti titik pertemuan selera musik kami.

JB: Ini mewakili salah satu suasana yang saya suka; ada spektrum genre dan atmosfer besar dan ini adalah salah satu bagiannya. “Focus On Me” adalah lagu yang kami dan perusahaan sukai. Kami tidak menyangka ini akan menjadi title track, tetapi karena ini adalah sebuah lagu yang berasal dari kerja keras, kami pun mencintai lagu ini.

Di GOT7, JB adalah leader dan Yugyeom adalah yang termuda, menurut saya maknae memiliki peran dan dinamik berbeda yang dibangun di dalam sebuah grup utuh. Tetapi sebagai duo, seperti apa peran kalian?

Yugyeom: Kami adalah diri kami sendiri di mana pun kami berada – saya menjadi diri saya sendiri dan JB menjadi dirinya sendiri. Kami menunjukkan diri kami apa adanya, sama dengan Jus2.

JB: Mau itu Jus2 atau GOT7, peran Yugyeom adalah Yugyeom dan peran JB adalah JB. Satu hal yang berbeda, adalah bahwa leader GOT7 adalah saya dan leader Jus2 adalah Yugyeom.

Kalian berdua banyak terlibat dalam proyek ini tetapi sepertinya JB lebih terlibat dalam musik dan produksi dan Yugyeom dengan koreografi? JB, bisakah kamu bicara mengenai masukan Yugyeom sebagai penulis lagu dan komposer. Dan Yugyeom, bisakah kamu bicara mengenai masukan JB sebagai koreografer?

JB: Yugyeom memiliki ide yang cemerlang. Kadang-kadang saya terkejut dengan cara Yugyeom membawa faktor-faktor baru dalam musiknya. Secara pribadi, saya pikir output-nya akan menjadi lebih baik jika disusun dengan lebih rapi, sangat penting untuk mempertahankan warna seseorang; membawa masuk pengaruh lain dari genre dan suasana yang berbeda dan membuatnya menjadi milikmu sendiri.

Yugyeom: Dia sangat bertalenta. Saat dia menari, dia memiliki vibe seperti “semua keseksian yang ada di dunia ini ada di dalam JB!” — yang saya sangat sukai. Setiap kali kami naik ke atas panggung, saya kagum dengan tarian JB. Tariannya menjadi lebih baik.

Saya dengar bahwa setiap lagu di album “Focus” seharusnya mengacu kepada indra yang berbeda-beda termasuk indra ke-6. Indra apa yang sangat berpengaruh bagi kalian?

JB: Indra penglihatan, pendengaran dan penciuman — saya suka bau musim.

Yugyeom: Indra penglihatan, pendengaran dan pengecap — potongan daging babi keju, nasi goreng dan burger!

Apakah salah satu dari kalian pernah mengalami sinestesia?

JB: Tentu saja. Saat saya berpikir tentang sebuah lagu, ada warna spesifik yang muncul di pikiran saya. Terkadang itu warna, terkadang itu visual ataupun sebuah bau. Kadang-kadang, sesuatu yang sangat baru dan terasa seperti “indra ke-6”.

Yugyeom: Saya juga sering mengalaminya. Seperti contoh, saat saya mendengarkan Travis Scott — penyanyi yang saya suka — saya terpikir warna hitam.

Apakah ada suara atau visual spesifik yang datang berikut dengan lagu-lagu berbeda di album “Focus”?

JB: “Senses”, adalah ungu, ungu muda. Dan “Drunk On You” mengingatkan saya dengan abu-abu.

Yugyeom: “Love Talk” adalah biru…

JB: …iya, biru untuk “Love Talk”, dan untuk “Long Black” adalah merah — kemerah-an

Yugyeom: Ya dan untuk “Touch”–

JB: Merah muda?

Yugyeom: Wow, saya baru saya mau berkata merah muda!

JB: “Focus On Me” lebih seperti “kabut” dibanding warna.

Yugyeom: Ya, bukanlah sebuah warna tetapi yang lain — seperti asap.

Masing-masing dari kalian berdua memiliki akun SoundCloud. Platform ini masih terbilang baru di kalangan artis Korea, bisakah kalian berbagi sedikit tentang bagaimana kalian menggunakan SoundCloud?

Yugyeom: Bagi saya, ini adalah sebuah platform untuk mengekspresikan diri saya sendiri. Playlist diisi dengan apa yang saya suka dan memuaskan cinta saya dalam memperkenalkan musik favorit saya kepada orang-orang yang saya cintai — kepada penggemar kami. Ini seperti “Ini adalah Yugyeom, dan saya cinta musik seperti ini. Saya ingin melakukan musik seperti ini.”

JB: Sama juga bagi saya. Dan bagi saya, ini adalah sebuah platform dimana saya bisa menceritakan cerita saya. Kadang-kadang saya merilis lagu single, tetapi saya suka merilis lagu sebagai album yang solid atau mixtape. Setiap mixtape memiliki ceritanya sendiri dan itu semua terhubung. Bagian dari cerita pribadi saya ada di dalam mixtape ini jadi ini juga berasa seperti cara saya untuk mengekspresikan diri. Apa yang saya lakukan, apa yang saya ingin lakukan dengan baik, dan apa yang inginkan — semua ini adalah tentang menulis dan membuat lagu. SoundCloud adalah platform dimana saya bisa mengekspresikan hal-hal seperti ini.

JB, ini adalah proyek duo kedua GOT7 setelah JJ Project. Apa perbedaan terbesar antara berpromosi dengan Jinyoung dan dengan Yugyeom?

JB: Saat saya bersama Yugyeom, vibe hip hop dan R&B saya keluar. Dengan Jinyoung, lebih ke vibe pop/urban. Saat saya berpikir tentang album dan “warna tim”, “Verse 2” JJ Project memiliki pesan masa muda — semua perasaan yang dirasakan di masa muda; rasa tidak aman, tekanan, dan merenungi kembali kehidupan kita. “Focus” dari Jus2 dipenuhi dengan indra… tema dan cerita, dan pemikiran dibalik lagu-lagu juga sangat berbeda. Kedua album ini adalah favorit saya dari semua album yang saya buat tapi memiliki alur yang berbeda.

Jus2 juga akan bertemu penggemar melalui showcase tour di Asia dalam beberapa bulan mendatang. Apa yang bisa kami harapkan dari pertunjukkan ini dan apa saja yang kalian siapkan untuk tahun ini?

Yugyeom: Kami ingin menyampaikan pesan “Kami cinta dan membuat musik seperti ini dan kami merilis album dengan sebuah cerita”. Menurut pemikiran pribadi saya, saat kalian mendengarkan “Focus On Me” dan lagu lain dalam album ini, akan susah untuk berimajinasi tentang penampilannya. Namun saat kami menampilkannya di atas panggung, maka akan terasa seperti dimensi baru bagi lagu kami. Saya yakin para penggemar akan menyukainya.

JB: Saya merasa ini seperti sebuah tantangan baru. Saya merasa seperti kami membuat ombak baru melalui musik kami. Saya berharap percobaan beda ini dapat diterima dengan baik. Dan juga saya percaya bahwa kami bisa memberikan wawasan baru dari “seksi” – musik dan penampilan kami pasti akan memuaskan mata dan telinga kalian. Saya ingin memperlihatkan banyak aspek berbeda di tahu ini. Sebagai Jus2, ada vibe yang saya ingin sampaikan. Saya telah banyak berpikir dan bereksperimen sejak tahun lalu jadi saya percaya diri bahwa para penggemar dapat berharap banyak dari kami. Saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih kepada penggemar kami, karena mereka benar-benar merasakan perasaan di dalam album dan memberikan dukungan — yang saya benar-benar berterima kasih. Ini adalah rasa syukur yang tidak akan bisa saya lupakan. Tidak ada lagu yang bermakna jika tidak ada pendengar. Dalam hal ini, penggemar kami adalah makna dan alasan utama bagi lagu kami. Ini baru awal 2019, jadi mohon nantikan berbagai percobaan baru — sebagai musisi, sebagai penampil, sebagai artis. Mohon tunggu tur kami di bulan April. Terima Kasih!

Yugyeom: Di tahun 2019, kami akan memperlihatkan lebih banyak perkembangan di dalam musik dan memperlihatkan aspek baru dari diri kami. Kami akan mengadakan showcase tour, dan saya tidak sabar menunjukkan sebanyak apa kami dapat belajar dari pengalaman ini. Orang-orang di sekitar kami terkejut saat mereka mendengar kami akan mengadakan tur hanya berdua. “Hanya dua? Tur?” Kami juga tahu bahwa ini adalah sebuah kesempatan yang besar, jadi kami sangat bersyukur dan menantikannya. Satu hal yang dapat kami janjikan untuk penggemar adalah kami akan terus membaik dan berkembang di setiap momen, setiap tahun. Dan terutama saya ingin mengatakan bahwa saya sangat menghargai dan peduli kepada penggemar kami, dan bahwa saya benar-benar mencintai kalian semua. Terima Kasih!

Source: Billboard

EN – ID by Leony@GOT7Indonesia

EN – ID Edited by Vivi@GOT7Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.