[ARTIKEL] 190708 GOT7 Berbicara Tentang Album “Spinning Top”, Menghadapi Stres dan Masa Depan Mereka: “Kami akan Terus Bersama-Sama”


Lima tahun berlalu sejak GOT7 pertama kali diperkenalkan ke hadapan dunia dengan single debut “Girls Girls Girls”. Sejak saat itu hingga kini GOT7 telah merilis puluhan single dalam Bahasa Korea dan Jepang, ditambah lagu dengan Bahasa lain seperti Cina, Inggris dan Spanyol dalam versi utuh. GOT7 menjadi salah satu boygroup K-pop paling populer dalam industri dengan album yang selalu memuncaki tangga lagu World Album.

Sebagai grup global dengan member yang berasal dari negara yang berbeda-beda, mereka telah memiliki tempat dalam industri hiburan di seluruh Asia melalui beragam aktivitas solo.

Member dari grup multi talenta, GOT7 mendapat banyak cinta dari seluruh dunia dan baru-baru ini menyelenggarakan tur dunia “Keep Spinning” di Amerika Utara. Di sela waktu luang saat mempersiapkan pertunjukan di New York, GOT7 berbincang dengan Billboard tentang album terbaru “Spinning Top: Between Security and Insecurity”, karir dan masa depan juga identitas kreatif dan banyak lagi.

Bagaimana kabar kalian?
Mark: Kami senang bisa ada di sini. Kami sangat antusias untuk kembali lagi. Antusias untuk turnya juga. Kami tidak sabar untuk memberikan penampilan panggung dan konser yang baru untuk penggemar. Kami bekerja sangat keras untuk tur ini. Penggemar memberikan respons positif untuk tur terakhir kami. Semua orang bekerja keras untuk tur ini.

Saya sudah melihat set lagu dari konser yang sebelumnya, dan sepertinya dalam konser kali ini kalian juga akan tampil dalam grup atau solo. Bagaimana kalian menentukan siapa yang akan tampil solo atau bekerja sama dalam sebuah unit?
Jackson: Sesuka kami.
Mark: Tergantung siapa yang ingin melakukannya.
BamBam: Kami semua ingin melakukan solo, tapi jika Anda melihat keseluruhan konser…
Yugyeom: Kami ingin membuatnya terasa baru, dan kesan baru itu sangat penting.
BamBam: Jika semuanya menampilkan solo, maka akan terasa terus berjalan lalu memulai lagi, tahu kan?
Mark: Alurnya seperti…
Jackson: (Menyela)

Kalian merilis “Spinning Top: Between Security & Insecurity” pada bulan Mei. Apa inspirasi di balik itu?
Jackson: Title track “Eclipse” dibuat oleh JB. [Menunjuk JB] Silakan jelaskan.
JB: “Eclipse” adalah lagu yang sangat bagus. Lagu tersebut menceritakan tentang kami, situasi kami yang telah melalui banyak perubahan yang berbeda-beda.

Bagaimana “Eclipse” menceritakan tentang kalian?
Jackson: Lagu tersebut menggambarkan perasaan tenang dan tidak tenang, saat diri kita merasa tenang dan tidak tenang. Jadi dalam situasi kami, misalnya, saat hasil kerja keras kami mengalami peningkatan. Kami manggung, kami melakukan tur mengelilingi dunia, arena yang semakin besar, para member yang semakin terkenal, fandom yang semakin membesar. Semuanya baik-baik saja. Tetapi dalam waktu yang sama saat kami naik, kami sadar kami merenungkan kepada diri kami sendiri dengan berpikir, “Oh, apakah ini akan berakhir suatu hari nanti? Apakah ini akan berlanjut terus selamanya? Apakah para penggemar akan bersama kami setelah 10 tahun?”. Ini adalah keraguan yang kami rasakan.
JB: Lagu tersebut seperti sebuah pertanyaan, “Apakah kami benar-benar bisa melakukannya?”
Mark: Sebagai bentuk terima kasih kami pada para penggemar dan kami senang bahwa kalian semua ada bersama kami. Tetapi di sisi lain, apakah kami cukup baik untuk kalian? Apakah kami cukup baik untuk kalian tetap berada di sisi kami?
Jinyoung: Apakah kami bisa terus berputar?

Kapan kalian merasa paling merasa tidak tenang tentang ini?
Jackson: Saat kami sedang melakukannya dengan baik. Tur kali ini jauh lebih besar dibandingkan tur sebelumnya. Kami merasa semuanya baik-baik saja tetapi apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah kami akan terus naik? Apakah kami cukup baik untuk penggemar tetap berada di sisi kami? Masalah seperti itu.

Mengapa memberi judul “Eclipse”?
JB: Perasaan tidak tenang tidak datang secara tiba-tiba. Perasaan itu datang dan mulai penuh, dan prosesnya sangat bertahap. Sama halnya dengan gerhana, seperti matahari yang menutupi bulan.
Mark: Saat terang, kamu merasa senang. Dan saat gelap, kamu benar-benar sedih.
Jackson: Depresi.
Mark: Jadi kami menggunakannya sebagai metafor.

Apakah ini adalah perasaan yang kalian semua rasakan? Apakah member tertentu merasakan ini lebih dari yang lain?
BamBam: Saya pikir semua tahu bagaimana rasanya.
Yugyeom: Kami semua memiliki pemikiran yang sama.
BamBam: Iya, kami semua merasakan hal yang sama juga. Tetapi mungkin di waktu yang berbeda-beda. Seperti kali ini, Youngjae bisa saja merasa lebih sulit daripada yang lain. Semua orang berbeda. Kami semua merasakan hal yang sama.
Jinyoung: Sebenarnya, saya tidak merasa seperti itu. Saya mengerti konsepnya, tetapi saya memang selalu tenang. Ayah saya mengatakan kepada saya, “Sesuatu yang bagus tidak selalu bagus. Sesuatu yang tidak bagus tidak selalu tidak bagus. Itu seperti sebuah gelombang.”
GOT7: Ohhhhhh.
Jinyoung: Ini adalah pendapat pribadi saya. Saya menyadari tentang sesuatu baru-baru ini. Kami selalu ingin menjadi artis yang besar. Kami menjadi lebih dan lebih. Kami selalu ingin melakukan yang lebih. Tetapi kadang-kadang, kami tidak berpikir tentang itu dan menyerah. Lalu kami mendapatkan hasil yang besar. Itu pemikiran saya.
BamBam: “Kamu Harus Menyerah” oleh Jinyoung.
Jinyoung: Bukannya seperti menyerah, tetapi membiarkannya berlalu. Jangan mengharap lebih.

Apa yang membuat member merasa tidak tenang secara pribadi?
Youngjae: Saya tidak memiliki sesuatu yang membuat saya tidak tenang. Saat ini, saya baik-baik saja karena saya membiarkannya berlalu. Saya chill. Saya santai. Saya tidak mau terlalu memikirkan soal harus melakukan sesuatu dengan baik, berpikir tentang apakah saya melakukannya dengan baik atau tidak. Sebelumnya saya sangat stres tetapi jika saya terus berpikir seperti itu dan menjadi terlalu stres sampai titik saya tidak bisa mengatasinya. Jadi sekarang saya mengubah pola pikir saya dan membiarkan segalanya berlalu.
BamBam: Saya pikir ini lebih baik untuknya. Untuk lebih tenang dan tidak terlalu stres karenanya.
Yugyeom: Saya memiliki kepribadian di mana saya tidak terlalu merasa tidak tenang tetapi karena saya ingin di GOT7 untuk waktu yang lama, saya khawatir tentang seberapa lama saya bisa melalukan ini.
BamBam: Kadang-kadang saya peduli [seberapa banyak] yang bisa saya dapatkan dari melakukan ini, melakukan itu, dan lainnya. Tetapi belakangan ini, saya membiarkannya saja dan menikmati. Seperti, ketika saya membuat lagu. “Oke, saya harus membuat lagu yang bagus.” Tapi kadang-kadang hal itu justru tidak menghasilkan lagu yang terbaik. Tetapi jika kalian hanya menikmati dan bersenang-senang, lagu yang dibuat akan lebih baik. Saya menikmati hidup saya setiap hari.
Youngjae: Saya juga, saya menikmatinya.

GOT7 berada di tahun kelima sekarang. Bagaimana proses penulisan lagu dan pengalaman kreatif kalian berubah dalam jangka waktu itu?
Yugyeom: Tentu ada banyak hal yang berubah. Ketika kami debut lima tahun yang lalu, kami memang memiliki keinginan untuk membuat lagu tetapi kami tidak siap untuk itu. Seiring berjalannya waktu, kami menjadi lebih aktif [dalam hal tersebut]. Pengalaman benar-benar mengubah kami, dan membantu kami membuat lagu sebagai seorang artis.
Mark: Saya merasa ketika kami semua berlatih, saya tidak tahu apakah ini kata yang tepat, tetapi saya merasa seperti kami semua adalah robot. Mereka akan memberi tahu kami, “Lakukan ini” dan kami akan melakukannya. Kami tidak memiliki banyak masukan. Kami tidak tahu banyak tentang musik. Hanya berlatih. Setelah kami debut, keadaannya juga hampir sama. Mereka hanya memberi kami sebuah lagu, kami akan belajar koreografi, kami merekam, dan hal-hal seperti itu. Tetapi seiring berjalannya waktu, kami mulai menulis lirik, kami mulai menghasilkan lagu. Yugyeom mulai membantu membuat koreografi. Saya merasa seperti sekarang kami lebih seperti seorang artis daripada saat masa awal debut.

Kembali ke topik tersebut, kalian menggunakan kata “robot” untuk menggambarkan hari-hari awal kalian …
Mark: Saya tidak tahu harus berkata apa lagi. Apakah “robot” kata yang benar?
Yugyeom: Mungkin lebih seperti “pasif”?
Mark: Apakah ini aneh?
Jackson: Kami hanya diperintah saja. Kami melakukan apa yang diperintahkan kepada kami.
Mark: Saya tidak mengatakan bahwa kami adalah robot.
Jackson: Ada stereotip tentang industri hiburan Korea yang seperti pabrik, yang saya katakan sebelumnya adalah tidak benar.
Mark: Saya tidak tahu harus berkata apa lagi.
Jackson: Jangan tulis “robot”. Tulis “AI (Artificial Intelligence)”. Itu kedengarannya lebih pintar [tertawa].

Saya dengar bahwa JB mengatakan bahwa “Eclipse” telah diubah dari susunan awalnya karena mengikuti standar dari JYP Entertainment seperti seharusnya. Jelas sebuah perusahaan manajemen memiliki peran dalam pengambilan keputusan dan proses kreatif kalian, tetapi bagaimana kalian mengelola harapan untuk sisi kesenian versus perusahaan, dan harapan para penggemar?
Bambam: Ini seperti JB versus JYP.
JB: Saya biasanya mengikuti opini perusahaan karena saya seorang artis di bawah JYP Entertainment, jadi saya harus membuat musik yang sesuai dengan standar perusahaan. Saya biasanya mencoba mendengarkan, tetapi ada kalanya saya ingin mengekspresikan karya seni saya secara berbeda, jadi saya memberikan pendapat saya. Tetapi sebagian besar, saya hanya mengikuti pendapat perusahaan. GOT7 adalah grup yang dikumpulkan JYP dan ketika kami melakukan proyek mengenai GOT7 itu adalah proyek oleh perusahaan, jadi saya pikir itu adalah hal yang benar untuk mengikuti pendapat perusahaan.

Apa lagu-lagu lain di album ini, selain dari single, yang ingin didengarkan oleh pendengar?
(Pada saat ini, seseorang di ruangan secara tidak sengaja mematikan lampu, dan seluruh kelompok menyayikan “Selamat Ulang Tahun” seolah-olah itu adalah lelucon pesta kejutan.)
Mark: “Page” oleh JB.
Bambam: Kami semua menulis lagu kami sendiri. Kami memiliki [menunjuk ke arah Jinyoung, yang ikut menulis “The End”], kami memiliki lagu Youngjae [“Time Out”], lagu Yugyeom [“1°”] dan lagu saya [“Believe”].

Kalian merayakan perayaan tahun kelima kalian di bulan Januari, dan pada saat itu ada sedikit diskusi di media Korea Selatan tentang bagaimana kalian mendekati titik ketika kelompok K-pop biasanya mulai mempertimbangkan masa depan mereka, karena kontrak standar dalam industri ini adalah untuk jangka waktu sekitar tujuh tahun. Bagaimana perasaan kalian mendekati bagian ini dari karier kalian?
Mark: Bagi kami, kami merasa kami masih berusaha membuat nama untuk diri kami sendiri. Saya tidak tahu. Waktu berlalu begitu cepat, dan kami tidak pernah benar-benar memikirkannya. Kontraknya untuk total tujuh tahun, kan? Itu telah sampai pada titik di mana kami harus membicarakannya, tetapi kami tidak pernah benar-benar membicarakannya.
Jackson: Kami berusaha menghindari membicarakannya karena kami pikir tidak ada yang perlu dibicarakan.
Mark: Ya.
Jackson: Itu hanya selembar kertas.
Mark: Kami semua ingin tetap bersama untuk waktu yang lama, jadi kami tidak pernah benar-benar membahasnya karena tidak ada gunanya. Kami bertujuh, kami akan tetap bersama untuk sementara waktu.
Jackson: Kami akan tetap bersama.

Source: Billboard
EN – ID by Leony@GOT7Indonesia
EN – ID Edited by Vivi@GOT7Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.